Ruas Transjakarta Ciledug-Tendean Beroperasi Mulai 22 Juni

    68
    Uji coba jalur Transjakarta rute Ciledug-Tendean (Istimewa/suara.com)

    INDONESIANEWS – Satu ruas baru Transjakarta segera dioperasikan. Penambahan jangkauan pelayanan moda transportasi massal ini diperhitungkan mengurangi titik kemacetan di sekitar jalur baru dimaksud.

    Ruas terbaru tersebut yakni koridor 13 yang membentang dari Ciledug (Tangerang)-Tendean (Jakarta Selatan). Lalulintas yang menghubungkan salah satu pusat kesibukan di Jakarta dengan Tangerang, Provinsi Banten, ini sangat padat setiap hari.

    PT Transjakarta berencana resmi mengoperasionalkan rute Ciledug-Tendean pada 22 Juni 2017.

    Kesiapan itu berdasar uji coba di jalur sepanjang 9,3 kilometer. Diketahui bahwa sejumlah fasilitas halte dan rambu-rambu lintasan perlu disempurnakan.

    Di Halte CSW Trunojoyo, Jakarta Selatan, misalnya, penumpang Transjakarta masih harus naik ratusan anak tangga yang tingginya mencapai 20 meter. Kondisi ini tentu melelahkan warga. Hinggga kini belum terlihat instalasi lift atau ekskalator untuk mempermudah akses.

    Pengoperasionalan jalur eksklusif Transjakarta tersebut, jarak Ciledug-Tendean diklaim dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Ditargetkan terdapat 100 bus yang siap melayani warga DKI Jakarta.

    Soal biaya jalur Ciledug-Tendean, sama dengan ruas lainnya, yakni Rp3.500/penumpang.

    Pelaksanaa Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Wali Kota Tangerang Arief Firmansyah dijadwalkan menjajal pelayanan bus Transjakarta koridor 13.

    “Agar koridor 13 ini bisa maksimal digunakan dimanfaatkan oleh warga Tangerang. Termasuk juga membangun sistem transportasi yang terintegrasi, khususnya Jakarta dengan Tangerang,” ungkap Djarot. (HDN)

    TULIS TANGGAPAN