Raflesia Arnoldii Mekar di Hutan Bengkulu

    57
    Raflesia Arnoldii. Foto:worldatlas.com
    Raflesia Arnoldii. Foto:worldatlas.com

    INDONESIANEWS.ID – Dua bunga Rafflesia Arnoldii mekar di dua kawasan hutan berbeda di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kaur, Provinsi Bengkulu.

    “Ada dua bunga yang mekar serentak di dua lokasi berbeda yang bisa dinikmati pengunjung,” kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan, Kamis (22/6).

    Ia mengatakan satu bunga mekar di kawasan hutan wilayah Bengkulu Tengah, yang berjarak 45 kilometer dari Kota Bengkulu.

    Lokasi bunga mekar tersebut berada di jalan lintas yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kepahiang sehingga memudahkan pengunjung.

    “Tidak sulit menemukan lokasi bunga mekar, karena sudah dipasangi spanduk berisi pengumuman,” ujarnya.

    Para pengunjung akan dipandu oleh kelompok pelestari bunga langka itu untuk memasuki kawasan hutan dan memberikan informasi singkat tentang bunga yang menjadi ikon Bengkulu itu.

    Selain di Bengkulu Tengah, satu bunga Rafflesia juga mekar di kawasan hutan di Kabupaten Kaur, yang berjarak 200 kilometer dari Kota Bengkulu.

    Kelompok pemuda di Desa Manau IX, Kecamatan Padang Guci, akan mendampingi pengunjung untuk menyaksikan keunikan bunga terbesar di dunia itu.

    “Bunga baru mekar dua hari terakhir dan masih bisa disaksikan hingga tiga hari ke depan,” kata Nopri Anto, anggota kelompok peduli puspa langka Padang Guci.(ant)

    TULIS TANGGAPAN