STIA LAN Sampaikan Aspirasi ke Anggota MPR dan DPD RI

Total Views : 433
Zoom In Zoom Out Baca Nanti Print

INDONESIANEWS.ID: Pembangunan Negara (APN) menyelenggarakan Program Tematik Prodi yaitu berupa kunjungan studi ke DPR/MPR RI dengan tema “Sistem Pemerintahan Indonesia dan Implementasi 4 Pilar Kebangsaan”. Program yang diinisiasi oleh dosen-dosen Program Studi APN ini sukses terselenggara dengan membawa 105 mahasiswa yang terdiri dari 5 kelas dan berbagai angkatan yaitu angkatan 2017 sebanyak 1 kelas, angkatan 2018 sebanyak 3 kelas, dan 1 kelas berasal dari angkatan 2019.


Mereka didampingi oleh 3 orang dosen yaitu Dr. M. Nur Afandi, S.Pd., MT., Dr. Ahmad Zakiyudin, S.IP., M.I.Kom, dan Rofi’ Ramadhona Iyoega, SP., M.Sos. Tepat jam 12 siang sesampainya di Gedung Nusantara, kami diterima oleh 2 orang anggota DPR/MPR RI yang berasal dari Dapil Jawa Barat yaitu Nurul Qomaril Arifin, S.IP., M.Si dari Komisi I dan Dr. Ir Sodik Mudjahid, M. Sc dari Komisi II. Sebagai bentuk komitmen MPR untuk memasyarakatkan 4 pilar kebangsaan selain juga merupakan amanat undang-undang, Ibu Nurul Arifin menegaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

apak Sodik Mudjahid pada sesi selanjutnya pun menekankan pada hal sama, selain terkait 4 pilar kebangsaan beliau juga berpesan kepada para mahasiswa “Sumbangsih penentu dari jejak pendidikan tidak ditentukan melalui IPK saja, karena kemapuan IQ hanya mendukung sebesar 18% saja. Sisanya adalah kemampuan ESQ, diantaranya kemampuan dalam melakukan Integritas yaitu bersikap jujur dan adil, lalu kemampuan komunikasi seperti lobbying, negosiasi, dan persuasing dan terakhir adalah kemampuan memimpin yang diharapkan saat bangku kuliah sudah memulai aktif untuk mengikuti berbagai kegiatan organisasi agar mendukung kemampuan tersebut”.

Pada jam 13.50 WIB kegiatan diskusi dengan anggota DPR/MPR RI pun selesai, meskipun tidak berlangsung lama mahasiswa terlihat sangat senang dan puas karena dapat diterima langsung oleh wakil mereka yang duduk di DPR/MPR RI. Selanjutnya jam 15.00 WIB rombongan kami diterima oleh Ketua Komite 1 DPD RI Dr. Agustin Teras Narang, S.H. di Ruang GBHN, Bapak Teras Narang memaparkan berbagai hal terkait peran dan fungsi DPD RI, ia mengatakan “perbedaan kongkrit antara DPR dan DPD terletak pada pengusunganya, DPR merupakan wakil dari partai politik sedangkan DPD merupakan wakil langsung daerah, komite 1 adalah salah satu alat kelengkapan dewan yang mengurusi masalah pemerintahan, pemekaran, dana desa dan proses pemilu”. (**)