DPRD Jabar Gelar Paripurna Terkait Perubahan Anggaran APBD TA 2020

Total Views : 26
Zoom In Zoom Out Baca Nanti Print

INDONESIANEWS.ID: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Jabar menggelar sidang paripurna terkait Raperda dan Perubahan Anggaran Tahun 2020. Sidang Paripurna tersebut digelar di Gedung DPRD Jabar dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selasa (22/09/2020).

Dalam pidatonya,  Ridwan Kamil menjelaskan bahwa rancangan perubahan APBD TA 2020 disusun dalam rangka menjaga kesinambungan perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah berdasarkan prioritas pembangunan serta berkaitan pemenuhan kebutuhan dalam penanganan pandemi global COVID-19 di Jabar.

"Kondisi tersebut memengaruhi terhadap tatanan pengelolaan keuangan daerah, maka pemerintah daerah perlu melakukan penyesuaian kembali terhadap postur dan rincian APBD Tahun Anggaran 2020," ucap Kang Emil.

Penyusunan rancangan perubahan APBD TA 2020 ini disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan keuangan daerah serta secara proses berdasarkan pada hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jabar Tahun 2019.

Menurut Kang Emil, perubahan APBD secara keseluruhan perlu dilakukan sebagai sebuah tindakan korektif yang mencerminkan kondisi riil pendapatan dan kebutuhan belanja daerah.

Ahab Syihabudin Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS mengatakan “ terkait sidang paripurna Raperda dan perubahan anggaran ini semoga menjadi  menjadi lebih baik kedepanya dan perubahan anggaran ini memang ada penurunan pendapatan karena Covid-19. Dan mudah-mudahan di tahun 2021 bisa lebih meningkatkan lagi.” Ujarnya kepada indonesianews.id.

 Penulis: Redaksi

Editor: Hakim Nur