Banyak Orang Asing Bermukim di Pangandaran, Pemkab dan Imigrasi Harus Peka

Total Views : 134
Zoom In Zoom Out Baca Nanti Print

INDONESIANEWS.ID: BANYAKNYA orang asing yang tinggal di sekitar kawasan pantai pangandaran, membuat warga sekitar pangandaran resah. Tadinya keberadaan orang asing itu hanya wisata, namun akhirnya bermukim di sana.



"Di dugaan mereka menikah atau kawin kontrak dengan warga sekitar," ungkap salah seorang warga pangandaran, Agus Hidayat, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Agus, orang asing yang tinggal di Pangandaran, diduga lemahnya pengawasan imigrasi dan pemerintah daerah,

"Coba anda lihat, tiap malam banyak orang negro/bule atau orang asing yang nongkrong di tiap cafe di sepanjang pantai Pangandaran. Sejauh ini bagi kami orang asing ini dianggap rawan dalam menggunakan atau membawa barang narkotika.

"Saya selaku masyarakat pangandaran, menyesalkan imigrasi dan pemerintah daerah tidak mau peduli dengan keberadaan para turis tersebut. Ya, setidaknya pihak Pemkab Pangandaran bekerjasama dengan imigrasi untuk melakukan pendekatan, apakah mereka datang ke sini menggunakan visa wisata atau visa apa. Dikawatirkan mereka bisa saja intelejen internasional yang berpura-pura menjadi turis asing. Untuk menjaga itu setidaknya dengan adanya pendataan keberadaan mereka bagi para turis asing  ini," katanya.