Jaksa Ancam Pidanakan ART Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

INDONESIANEWS.ID, Jakarta: Jaksa meminta hakim menetapkan Asisten Rumah Tangga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi menjadi tersangka. Sebab, kesaksian ART bernama Diryanto alias Kodir itu dinilai berbelit-belit.

Awalnya jaksa mempertanyakan Kodir yang menghubungi AKBP Ridwan Soplanit tak lama ketika Yosua tewas ditembak di rumah Duren Tiga. Padahal, menurut jaksa, tidak ada yang memerintahkannya.

“Seingat saya diperintah,” ujar Kodir dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2022). Ia bersaksi untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.

Jaksa menilai keterangan Kodir tidak konsisten. Sebab, Kodir dalam keterangannya dalam BAP juga menyebut bahwa Ferdy Sambo memerintahkan untuk menghubungi ambulans dan Polres Jaksel usai penembakan pada 8 Juli 2022.

Namun, Sambo meminta sopirnya yang bernama Yogi untuk menelepon.

“Irjen Ferdy Sambo menyuruh Yogi menelepon ambulans dan menghubungi Polres Jaksel, bukan Saudara [Kodir] yang disebut di sini,” kata jaksa.

Namun Kodir tetap merasa bahwa perintah Sambo itu diarahkan kepada tiga orang, yakni Yogi, Adzan Romer, dan dirinya.

Namun, jaksa menyebut bahwa perintah Sambo ialah menghubungi ambulans serta Polres Jaksel. Tidak ada perintah menghubungi Ridwan Soplanit yang rumahnya tak jauh dari Sambo. Namun, Kodir kemudian menghubungi Ridwan Soplanit melalui sopirnya.

“Yang diperintah FS kan Yogi, itu pun bukan [menghubungi] kasat tapi ambulans dan Polres,” ujar jaksa.

Jaksa sempat mengingatkan bahwa Kodir sudah disumpah dalam persidangan. Jaksa kemudian meminta hakim mengeluarkan penetapan agar Kodir dijadikan tersangka. Sebab, keterangannya yang berbelit.

“Majelis hakim kami melihat dan menilai saksi ini sudah berbelit-belit dan berbohong. Supaya kiranya majelis hakim mengeluarkan penetapan untuk menjadikan saksi ini menjadi tersangka,” kata jaksa.

Mendengar itu ketua majelis hakim sempat tersenyum. Hakim meminta jaksa untuk memperjelas dulu jawaban Kodir.

“Ditanyakan dulu mana yang benar, [yang disuruh] Yogi atau Saudara? yang disuruh Ferdy Sambo untuk menghubungi Kasat Reskrim itu kamu atau Yogi?” tanya hakim.

“Seingat saya bertiga,” jawab Kodir.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed