Johny G Plate korupsi, kerugian negara mencapai 8T

INDONESIANEWS.ID – Johny G plate ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi senilai 8 triliun yang membuat negara rugi. Plate langsung ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung selama beberapa hari ke depan. Kejaksaan agung memastikan akan terus mengusut kasus ini.

Menurut majelis hakim, Plate tidak mau mengakui perbuatannya dan sudah terbukti meminta uang ke eks Dirut Bakti Kominfo Anang Achmad Latif. Sehingga hal itu memberatkan hukumannya. Salah satu hal yang meringankan adalah bersikap sopan.

Plate dipidana 15 tahun penjara dan denda senilai 1 miliar rupiah enam bulan kurungan dan membayar uang ganti senilai 15,5 miliar untuk pengganti kerugian negara. Sebelumnya ia dituntut oleh jaksa dengan vonis 15 tahun penjara, denda 1 miliar, penjara 1 tahun dan membayar uang pengganti senilai 17,8 miliar.

Mengacu pada ketentuan, apabila denda tidak dibayar maka masing-masing diganti 1 tahun penjara. Namun, jika uang pengganti tidak terpenuhi maka harta beda Johny disita untuk dilelang dan jika masih belum terpenuhi maka diganti dengan pidana kurungan 7,5 tahun penjara.

Dalam kasus ini, Johny sangat merugikan negara sebesar 8,032 triliun rupiah. Ini berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Total tersangka pada kasus ini sebanyak 15 orang yang salah satunya di dalamnya adalah Johny

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed