Saksi Ahli Faisal Basri Singgung Politik Gentong Babi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

INDONESIANEWS.ID – Ahli dari kubu pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), Faisal Basri menyinggung soal politik gentong babi atau pork barrel pada sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Faisal mengibaratkan situasi politik di Indonesia lebih dari itu.

“Pork barrel itu sebetulnya metafor dari menggelontorkan uang, celengan juga kan simbolnya biasanya babi gitu. Lebih parah di Indonesia tidak hanya gelontorkan uang tapi juga mobilisasi pejabat sampai ke level bawah,” kata Faisal di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin, 1 April 2024.

Faisal mencontohkan tindakan Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada masa kampanye saat pembagian bantuan sosial (bansos). Airlangga, kata dia, sempat meminta warga penerima bansos menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Misalnya Airlangga Hartarto, yang mengatakan ini sumbangan Pak Jokowi oleh karena itu harus berterima kasih pada Pak Jokowi dengan cara memilih yang didukung Pak Jokowi,” ujar Faisal.

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga disinggung karena sempat menyatakan agar Menteri Sosial (Mensos) dari PDIP Tri Rismaharini untuk ikut membagikan bansos. Tindakan para menteri itu disebut dilakukan secara demonstratif dan vulgar.

“Pork barrel itu sudah vulgar, di Indonesia pork barrel vulgar,” ucap Faisal.

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed