KPU RI Minta Parpol Cari Pengganti Bakal Caleg Tersangkut Tipikor

Senin, 23-07-2018 22:08 WIB    84 VIEWS
KPU RI Minta Parpol Cari Pengganti Bakal Caleg Tersangkut Tipikor

Jakarta-INDONESIANEWS.ID: Sedikitnya lima orang bakal caleg dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena pernah bersangkutan dengan kasus tindak pidana korupsi (tipikor). KPU RI akan mengembalikan berkas kelima bakal caleg itu ke partai politik masing-masing untuk segera dicarikan.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, pergantian bakal calon harus segera dilakukan oleh partai politik. Hal ini merujuk jadwal KPU RI yang menetapkan daftar calon tetap (DCT) pada 21-23 September 2018.

"Parpol bisa melakukan penggantian bagi caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat pada 22-31 Juli 2018," kata Ilham di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Setelah parpol selesai mengajukan pengganti bakal caleg dan perbaikan berkas pendaftaran caleg, selanjutnya KPU RI akan melakukan pengumuman daftar caleg sementara (DCS). Dan, DCS ini akan diumumkan pada masyarakat pada 8-12 Agustus 2018.

Saat DCS diumumkan, masyarakat bisa memberikan masukan kepada KPU RI terkait nama-nama bakal caleg yang ada. Masukan dari masyarakat, akan menjadi bahan bagi penyelenggara Pemilu untuk melakukan verifikasi lanjutan.

"Kalau mereka terbukti ada yang tindak pidana yang disebutkan dalam aturan perundangan, maka kita akan menetapkan pendaftaran mereka tidak memenuhi syarat," ujar Ilham.

Tahapan selanjutnya setelah verifikasi DCS selesai, maka KPU RI akan menetapkan daftar calon tetap pada 20 September 2018. Bila sudah ditempatkan dalam DCT dan ditemukan caleg bermasalah, maka maka partai politik sudah tidak bisa melakukan pergantian. (*)







A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php71/usr/lib64/php/modules/mysql.so' - /opt/alt/php71/usr/lib64/php/modules/mysql.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: