oleh

Model PJJ melalui Tayangan Videoklip “Rindu pada Peserta Didik” di SLBN B Garut

-Pendidikan-3.103 views

INDONESIANEWS.ID: Rindu merupakan ungkapan hati ingin berjumpa atau kangen dengan seseorang atau banyak orang. Jika seseorang terus merindu dan rindunya tidak tersampaikan maka semakin hari akan merasuk ke jiwa sehingga akan mengganggu pikiran orang yang sedang merindu.

Begitu pula kami di sekolah, sangat rindu kehadiran peserta didik. Rindu berkumpul bersama, melaksanakan kegiatan di sekolah bersama-sama serta bersenda gurau dan  melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Untuk mengobati rasa rindu tersebut maka harus dicari beberapa alternatif penghilang rasa rindu. Salah satu upaya kami untuk mengungkapkan rasa rindu terhadap peserta didik — terutama situasi belajar mengajar secara tatap muka di sekolah — kami pun membuat videoklip. Pembuatan videoklip tersebut melibatkan beberapa guru senior (sekarang tengah menggarap video untuk guru junior/non-PNS).

Videoklip tersebut merupakan salah satu model pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru-guru di sekolah kami. Saya pun sebagai kepala sekolah terlibat dalam videoklip tersebut, sekaligus sebagai pencipta lagu.

Setelah kegiatan selesai, guru menyuruh peserta didik untuk menyimak dan  menceritakan kembali isi video tersebut. Kemudian, guru memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik dengan dibantu orang tuanya. Dalam hal ini, otomatis orang tua ikut menonton videoklip tersebut.

Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru sebagai berikut:

  1. Apa judul dari lagu tersebut?
  2. Siapa saja nama-nama yang ada di videoklip tersebut?
  3. Siapa nama kepala sekolah yang ada di videoklip tersebut?
  4. Apa jenis kelamin kepala sekolahmu?
  5. Tulislah nama kepala sekolahmu di buku tulismu!
  6. Tulis nama-nama guru di buku tulismu yang ikut bernyanyi di videoklip tersebut!
  7. Adakah wali kelasmu ikut bernyanyi di videoklip tersebut?
  8. Tulislah nama wali kelasmu di buku tulismu!
  9. Ruangan mana saja yang dipergunakan untuk pengambilan videoklip tersebut?
  10. Nyanyikanlah lagu tersebut!

Dari videoklip tersebut masih banyak pertanyaan yang bisa dijadikan bahan pembelajaran, tergantung kreativitas guru masing-masing.

Selain videoklip dalam bentuk menyanyi, kami pun membuat puisi dan video pembelajaran. Bahkan, sekarang kami sedang merancang lomba foto dan video antarkelas/perseorangan.

Itu mungkin sebuah model pembelajaran jarak jauh yang kami rasa bisa ditonton oleh anak- anak kami dan orang tua di kanal YouTube. (Tayangan video bisa dilihat di http://youtu.be/T1g80wZ0WBE)

Nah, kepada guru-guru kreatif, baik senior maupun junior, carilah model pembelajaran yang menarik dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Redaksi
Author: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

News Feed