oleh

Deretan Pejabat Negara Yang Diserang Rakyatnya

-Hukum-1.025 views

Indonesianes.id: Presiden Prancis Emmanuel Macron ditampar warga saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Drome. Insiden itu terekam video dan menyebar di media sosial. Video itu menunjukkan Macron ditampar saat berada di kerumunan warga.

Macron terlihat berjalan ke arah kerumunan warga. Dia kemudian mengulurkan tangan untuk menyalami seorang pria. Namun, pria itu malah menampar wajahnya.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan serangan tersebut merupakan penghinaan terhadap demokrasi.

Selain Macron, sejumlah kepala negara di dunia juga pernah mengalami insiden serupa.

Berikut deretan kepala negara yang pernah menghadapi serangan personal di tempat umum yang dirangkum dari berbagai sumber.

Presiden Brasil Ditikam

Presiden Brasil Jair Bolsonaro ditikam orang tak dikenal saat kampanye untuk Pemilu pada 2018.

Menurut laporan, penyerang mengaku melakukan aksi nekat lantaran tengah menjalani misi dari Tuhan. Ia kemudian dikirim ke rumah sakit jiwa.

Bolsonaro hanya mengalami luka ringan, dan tak perlu menjalani perawatan lama, sebab kondisinya cepat membaik.

Akibat insiden itu, Bolsonaro mendulang simpati publik, dan hal tersebut menguntungkannya, membawa ia naik ke tampuk kekuasaan.

Menkopolhukam Wiranto Ditusuk

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, (Menko Polhukam) Wiranto menjadi target dari serangan penusukan di Kabupaten Pandeglang.

Peristiwa tersebut terjadi di Alun-alun Menes, Pandeglang, Kamis, 10 Oktober 2019. Saat itu Wiranto usai menghadiri sebuah acara di Universitas Mathla’ul Anwar, hendak kembali ke Jakarta menggunakan helikopter.

Pelaku penusukan Wiranto merupakan dua orang pasangan suami istri, yakni SA dan FA.

Selain Wiranto, terdapat tiga korban penusukan lain, yakni Kapolsek Menes Kompol Dariyanto, Tokoh Masyarakat Menes Fuad Syauki dan satu orang ajudan Wiranto.

Mantan PM Italia Diserang

Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi mengalami insiden yang tak menyenangkan 2009 silam.

Berlusconi diserang usai unjuk rasa di Milan. Ia saat itu kehilangan banyak darah hingga setengah liter.

Tak hanya darah yang mengucur, jutawan itu juga kehilangan dua gigi, dan tulang hidungnya patah. Sehingga memaksa Berlusconi menjalani perawatan yang cukup lama dengan dokter gigi dan ahli bedah.

Mantan Presiden AS Dilempar Sepatu

Presiden Amerika Serikat periode 2001-2009, George Bush pernah dilempari sepatu oleh seorang jurnalis dari Irak, Muntazer al-Zaidi pada 2008. (FNN.CO.ID)

Redaksi
Author: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed