Aliansi Emak-Emak Menggugat Lakukan Aksi Longmarch, Tuntut Reformasi Polri

INDONESIANEWS.ID: Aliansi Emak-Emak Menggugat akan melancarkan aksi longmarch di pusat kota Bandung, Kamis (28/10/2021) mulai pukul 10.00 WIB.

Aksi Longmarch tersebut akan dimulai dari Taman Lalu Lintas sebagai titik kumpul, lalu rombongan massa akan berjalan sepanjang Jalan Merdeka hingga Katedral di kota Bandung.

Adapun isu yang diangkat dalam longmarch kali ini adalah mengingatkan Kapolri, Kapolda dan Kapolres membenahi diri dan melakukan evaluasi besar-besaran menyusul rentetan kasus dan skandal yang muncul ke permukaan dalam beberapa minggu terakhir.

“Berbagai berita yang viral di medsos, tentang adanya oknum polisi yang memperkosa, membunuh bahkan ada yang terlibat perdagangan narkoba. Di mana Lembaga kepolisian sebagai penegak hukum, yang seharusnya mampu mengayomi dan menjadi sahabat rakyat (police society) malah oknumnya berlaku sebaliknya bagaikan monster yang ditakuti oleh rakyat,” sebut mereka dikutip dari tulisan rilis yang diterima redaksi, Rabu (27/10/2021).

Atas dasar itu, Aliansi Emak-Emak Menggugat menuntut adanya reformasi institusi Polri agar dapat kembali ke fungsinya sebagai pengayom masyarakat.

“Menurut kami Emak-emak Indonesia Jawa barat, diperlukan reformasi institusi Polri kembali ke fungsinya, sebagai pengayom dan penegak hukum yang jujur, membela kepentingan rakyat, bukan maju tak gentar membela yang bayar,” ungkapnya.

Mengenai tanggal aksi yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, aliansi tersebut berpendapat sengaja dilakukan dengan harapan semangat kaum muda dapat terbangkitkan.

“Aksi kami Emak-emak sengaja dilakukan di hari peringatan Sumpah Pemuda, dengan harapan agar semangat kaum muda semua pihak, termasuk aparat polisi yang muda-muda, untuk bangkit dan sadar bahwa mereka harus menjaga persatuan dengan simpatik,” jelasnya.

“Melalui Sumpah Pemuda dan Sumpah Emak-emak hari ini, stop semua kekerasan aparat terhadap rakyat. Tegakkan keadilan dan tingkatkan marwah kepolisian,” pungkasnya.*

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed